9.3.14

Project{}

Hai followers blog gue{} kalian pasti merindukan tulisan2 sampah gue:’) sekalinya nongol di dashboard kalian malah tugas2 kuliah gidu wkwk sowry. Sepertinya gue akan mulai menulis lagi setelah sekian lama vakum. Dan sepertinya gue akan taro lagi link blog nyampah gue ini di bio twitter muehehe. Ini super gaya, padahal tulisan gua juga cuma tulisan-tulisan nyampah. But really, gue kangen nulis (walaupun tulisannya curhatan belaka). Dan karena gue udah kuliah, rasa keinginan untuk nulis (yang bener) jadi semakin gede. Gue pengen bisa nulis essay, pengen bisa nulis artikel, pengen bisa bikin tulisan-tulisan sok puitis yang bakal ngena di hati orang. Setelah gue curhat tentang ini ke seorang calon jurnalis yang gue kenal baik, dia bilang gue bisa mulai nulis dari hal yang gue suka. Karena itu, berarti hal yang akan gue tulis sekarang adalah tentang Project. Project nya IAAS. Project nya gue.

Jadi gue akan cerita dari awal. Setelah gue nyungsep di IPB bagian dramaga, bagian tanpa sinyal, bagian antah-berantah, bagian hutan, gue mulai mencari organisasi yang bisa jadi wadah gue nyampah. Tadinya sih ngincer BEM, tapi pas gue liat departemen-departemen yang ada, ga ada yang gue banget. BEM terlalu politik bagi gue. Gue nyari suatu organisasi yang ada departeman khusus untuk hal-hal yang down to earth. Sesuatu kayak turun desa, ngajar bocah-bocah unyu, pokoknya yang berinteraksi dengan hal-hal seperti itu deh. Akhirnya pilihan gue nyantol di IAAS, International Association of Student in Agricultural and Related Sciences (kalo ga salah kepanjangannya ini, kalo salah….maafkan gue gaisL). Wedeh kurang keren apa bre ada embel-embel international nya. Gue sebenernya pas daftar ini engga tau-tau amat sih tentang IAAS, gue cuma tau ada departemen sesuatu dalam IAAS yang emang gue banget, yang emang gue tuju. Karena dari awal namanya udah ada international2nya segala, udah pasti lah ya yang daftar banyak banget. Yaaa gue sok-sok daftar aja sih dan ikutan wawancaranya. Keterima sukur, ngga yowes. Secara jumlah aplikannya aja bikin nyesek. Temen selorong gue hampir 80% daftar IAAS.

Wawancara IAAS dibagi jadi 3 pos. Sampe di pos pertama gue ketemu sama Kak Leo, seseorang yang dari cara ngomongnya aja udah keliatan banget kalo dia pinter (dan ternyata pas gue kepoin dia emang pinter, krn dia adalah salah satu mahasiswa berprestasi). Da gua mah apa atuh. Dia nanya-nanya tentang pengalaman gue, tentang apa yang gue cari di IAAS. Gue inget banget waktu itu gue bilang “Gue pengen belajar speak up kak disini”. Dan dia ngangguk-ngangguk bijak sambil bilang “IAAS itu isinya orang-orang yang ga biasa. Kalo lo ga speak up, kalo lo ga bersinar, lo bakal kalah sama yang lain, lo bakal tenggelem”. Well, ini sedikit-banyak membuat gue makin dagdigdugder minder tapi pengen gitu. Di pos kedua gue ketemu Kak Dinda (yang ulangtaunnya beda sehari sama gue). Dia nanya tentang apa yang gue tau dari IAAS. Gue hanya tau 1 hal dari IAAS, ada departemen sesuatu yang ngajar-ngajar, bina desa, gitugitu. Bahkan kepanjangan IAAS aja gue gatau waktu itu. Pos ketiga gue ketemu Kak Septi. Dia salah mengira gue sebagai anak arsitektur lansekap, karena katanya muka2 macem gue bukan anak statistika banget (gue gatau ini gue lagi dipuji apa dihina apa gimana). Dia nanya tentang apa yang gue cari di IAAS, tentang apa hubungannya jurusan gue (statistika) sama pertanian (yang gue sama sekali clueless, sama sekali gatau mau jawab apa). Tapi satu hal yang gue seneng dari Kak Septi adalah….dia salah satu anggota dari departemen sesuatu yang gue mau itu!!! Dari dia gue tau kalo ternyata nama departemennya itu PROJECT. Dan satu lagi! Kak Septi telah membuat gue sedikit pede dan ngarep untuk keterima di IAAS. Karena dia ngomong gini di akhir wawancara “kayaknya gue bakal ngasih nilai lebih buat lo”. Wew, kayaknya gue bakal garuk-garuk tanah dan ngutuk-ngutuk Kak Septi kalo sampe akhirnya gue ga keterima IAAS.

But, praise the Lord, gue keterima guys di IAAS!!!! Gue lolos tahap wawancara. Dan sms yang menyatakan gue keterima itu berhasil bikin gue jingkrak-jingkrak girang di tengah seminar yang lagi gue ikutin. Bahkan sms nya sampe gue capture dan itu masih bersemayam cantik di gallery hape gue. Dari 600 aplikan, 400 yang ikut wawancara, cuma 70 orang yang keterima dan gue salah satunya bro! setelah gue lolos tahap wawancara, gue pun ngikutin serangkaian kegiatan dan challenge segala macem yang pada akhirnya ngebuat beberapa orang capek, lelah, gatahan. Berkat seleksi alam, akhirnya IAAS angkatan gue tinggal tersisa 55 orang. Jujur, gue juga sempet agak stress pas IOP (IAAS Orientation Program) yang ngasih tugas seabrek-abrek. Mana anggota kelompok IOP gue ada 2 yang ilang. Gue sempet nangis di kelas pas telponan sama nyokap gue. Stress tugas IOP ga selesai-selesai, duit gue nipis, weekend jarang pulang…gue kangen rumah. Gue kangen zona nyaman gue. Tapi rasanya sayang banget ga sih kalo IAAS ini gue lepas? Kayak, gue udah ngalahin sekian ratus aplikan dan gue nyerah gitu aja? Big no lah. Gue tetep jalanin semuanya, walaupun saat itu gue belom bener-bener berbaur sama anak IAAS dan istilahnya masih kumpul IAAS karena terpaksa. Tapi gue sangat amat bersyukur dengan pilihan gue yang tetap berusaha di IAAS, dan bukannya mundur seperti 15 orang yang sudah lolos tes wawancara tapi malah berhenti hanya dengan alasan klise (capek, lelah, lesu, lunglai).

Setelah IOP selesai, maka gue fix bangetbangetbanget jadi anak IAAS. Uyeyyyy!! Yaa namanya baru di suatu organisasi, gue masih agak kalem-kalem jijik gitu. Ga kalem juga sih, sebenernya gue udah bikin aib di IAAS. Pas malem IOP gue udah meranin iklan shampoo gitu kibas-kibas rambut lebay di depan semua anak IAAS, dari jaman reformasi (alumni-alumni) sampe jaman angkatan gue. Okey, sepertinya kata ‘kalem’ bukan kata yang cocok untuk menggambarkan gue di awal IAAS. Mungkin lebih cocok kalo….gue udah bisa gila-gilaan, tapi IAAS masih belom jadi panggilan hati gue. Jadi kalo udah kumpul IAAS tuh pengennya cepet-cepet pulang gitu. Cuma sebatas kewajiban berorganisasi belaka. Tapi pas acara LCC (acara musyawarah pemilihan ketua dan pengurus-pengurus baru IAAS), dan saat itu gue dikasih kepercayaan jadi bendahara, gue mulai ngerasa kalo IAAS itu sama seperti apa yang digambarkan senior2 gue. IAAS itu…keluarga. Yaaa belom kerasa-kerasa amatsih. Tapi gue udah mulai dateng IAAS dari hati, bukan sekedar kewajiban. Coba lo pikir, organisasi mana yang udah nekenin dari awal kayak gini:
“IAAS itu keluarga, IAAS itu tempat kalian pulang. Jadi walaupun nanti kalian amit-amit sempet ngilang, jangan pernah takut dan malu untuk kembali kesini. Karena kalian tetep bagian dari keluarga besar IAAS”.
Uwaw! Hatjep banget kan?!?! Nah, di IAAS ini gue kayak nemuin manusia-manusia setipe teman2 SMA gue, gue bisa gila-gilaan bareng, omongan nyambung, gaulnya nyambung, pokoknya pas deh. Nah kembali ke acara LCC, acara ini *katanya* acara paling serius IAAS di tingkat kampus (seperti namanya, IAAS bener-bener sampe tingkat internasional. Ada banyak kampus di negara-negara lain yang punya IAAS sebagai UKMnya). Tapi nyatanya, seserius apapun, IAAS selalu fun. Hahaha gapaham lagi deh. Tapi jangan kalian pikir IAAS kerjaannya cuma have fun tapi kerjaan ga beres. Kerjaan kita selalu beres. Dan kalo lo ketemu sama anak-anak IAAS….sumpah mereka adalah orang-orang berprestasi yang keren banget. Gue masih ga begitu ngerti bagaimana cara mereka nyeleksi anak-anak yang masuk IAAS, masih ga ngerti tentang apa kriterianya. Tapi yang gue tau pasti, semua anak IAAS open minded, dan tiap orang selalu punya karakter menarik yang kayaknya…lo tuh one of a kind, unique!

Setelah banyak acara (ga deng, ga banyak-banyak amat), akhirnya dateng juga hari pemilihan departemen!!! Jadi di IAAS ada 5 departemen. Pertama Project, yang down to earth, yang gue mau banget, yang seperti sudah gue sebut-sebut di atas. Kedua adalah HRD (Human Resource Development), departemen yang ngurusin internalnya IAAS, departemen yang paling padet timeline nya, departemen yang bikin acara-acara yang bisa mempererat internalnya IAAS. Ketiga adalah External, departemen yang ngurusin eksternalnya IAAS, bikin majalah IAAS, adain acara-acara macem alumni gathering, ngurus socmednya IAAS. Keempat adalah Exchange Program, yaaa seperti namanya, departemen ini ngurusin IAAS yang lebih ke skala internasionalnya, mereka yang bakal ngurus kalo ada anak-anak bule dari IAAS luar yang mau main-main di Bogor, mereka juga punya acara yang bisa ngelatih skill bahasa inggris kita. Terakhir ada Science and Technology, departemen yang ngasih kita ilmu-ilmu tentang pertanian, mereka punya acara namanya IAAS On Training yang bakal ngasih tau kita tentang teknologi-teknologi pertanian, dll. Pas disuruh milih 3 prioritas, gue milih Project di prioritas utama, HRD kedua, dan Eksternal ketiga. Tapi sebenernya gue bakal nangis-nangis juga kali ya kalo sampe gue keterimanya di HRD atau eksternal. Karena sebener-benernya dari awal gue masuk IAAS, Project lah yang gue incer. Daaaaannn karena dewi fortuna sepertinya sedang ada di pihak gue, voila! Gue keterima di Project mennnn!!!!!!! Uwauwauawa. Bareng sama sepuluh temen gue yang lain. Yang sebenernya gue agak kaget ngeliat anak-anak Project angkatan gue. FYI, anak-anak Project yang taun-taun diatas gue tuh terlihat kalem-kalem manis gitu. Dan Project angkatan gue isinya…oemji. Binal, nakal, brutal semua. Manusia-manusia gila dan super heboh gitu haha. Gue sebutin satu-satu nih ya. Ada Suci, Maman, Rima, Uga, Asri (dia kakak kelas gue pas SMP lho), kak Dewi, Putra, Sas, Oki, dan Hesty. Dan sebagai ketua departemen (kadep) Project angkatan gue adalaaaaah KAK SEPTI yang wawancara gue ituuuuuuu! Dan salah satu anak Project yang udah senior (kadept angkatan 2 taun di atas gue) adalah wakil ketua (yang baru lengser) IAAS bre! Gue udah ada feeling sih, this is gonna be fun. Mereka akan jadi keluarga sejati gue. Dan semua perkiraan gue ga salah.

Pas pertama kali rapat departemen, gaada yang seru sih. Masih sedikit canggung karena ada kakak-kakak seniornya, termasuk si mantan wakil ketua (namanya Kak Jajang). Tapi setelah berkali-kali rapat…damn. Rapat project adalah sesuatu yang selalu gue tunggu setiap minggunya! Puncaknya adalah pas Olimpiade Sains Kuark, acara pertama Project. Jadi Kuark ngadain olimpiade untuk bocah-bocah SD yang ada di desa Cikarawang (desa binaannya IAAS). Jadi, gue dan rekan Project gue semacem jadi fasilitator untuk olimpiade itu. Kita yang jagain tes nya gitu dehh. Nah tes nya itu diadain di suatu SD namanya SD Cangkrang. Sumpah ya, hati gue agak nelangsa sih liat SD ini. Jadi bentuk SD nya kayak letter U gitu jadi kebagi jadi tiga gedung. Tapiiii yang gedung sekolah tuh cuma satu! Yang satu itu semacem kantornya dan satu lagi kayak perpustakaan dan posyandu untuk warga situ juga. Dan ini ga tingkat. Dan ini kotor. Jadi bener-bener satu tingkatan kelas tuh cuma ada satu kelas aja. Gaada tuh istilah kelas 1A, 1B, 1C. nahhh pas gue jaga tes nya, kalian harus tau…gue merasa bego banget. Karena sumpah! Gue gabisa jawab soal-soal bocah SD ini:’) setelah semua pekerjaan selesai, gue dan Project akhirnya kongkow2 gitu. Ga full team sih tapi, kurang Maman, kak Dewi, sama Sas. Jadi kita cari tempat untuk nongkrong gawl gitu. Dan akhirnya kita nongkrong di Bara Food Court. Makan-makan gidu. Sharing dan cerita segala macem. Disitu keluar deh kebinalannya. Tiap ada yang pesen makanan, semua ngerubungin. Kita kayak piranha kelaperan gitu. Kalo ketemu makanan langsung bar bar. Sampe di satu titik, tiba-tiba aja Uga berdiri dan ngomong kenceng gitu di Bara Food Court sampe semua orang denger. “Jadi disini ada teman saya, namanya Suci Ardina, Arsitektur Lansekap angkatan 50. Dia lagi ulangtaun! Ayo kita nyanyiin selamat ulang taun”. Damnnn lo harus tau Suci itu ulangtaunnya udah lewat. Dan semua orang bener-bener nyanyiin lagu selamat ulang taun sampe para penjualnya juga. Ternyata si Suci kayak ngasi challenge ke Uga gitu, kalo Uga berani, dia bakal ngasih pajak ultah gitu. Sepertinya Suci udah bikin keputusan yang salah…Uga kan gatau malu:’) jadilah kita ditraktir Suci uyeyyy!

Nah habis maghrib gue kira kita bakal pulang kan, gataunya…ada makan-makan sesi 2 dong gapaham lagi. Kita pindah ke restoran Bumbu Wangi. Disana kita makin gila-gilaan. Foto-foto, join-join yang live music gitu. Jadi kayak semacam karaoke gratis. Sampe-sampe kita promosiin Suci *lagi-lagi dia jadi korban* ke cowo-cowo yang live music (dan sekarang Suci nya di line terus sama cowo-cowo Bumbu Wangi itu WAKAKAKAKAK INI LUCUK. Ga ngerti lagi itu cowo-cowo pada dapet line Suci darimana). Kita nyanyi bareng-bareng untuk Kak Septi sang kadept sampe dia nangis terharu. Asri sama Kak Jajang duet nyanyi dan sumpah suara mereka keren abis. Kita seneng-seneng, makan-makan brutal (piranhanya kumat), keluarga banget deh sumpah. Setelah ngerasa gaenak karena Bumbu Wangi makin sepi dan kita makin gatau diri berasa udah reservasi restoran aja, berasa milik sendiri, akhirnya kita pergi. Pas itu udah sekitar jam 10an. Dan itu udah lewat jam malem nya asrama. FYI, prinsip asrama, mending lo pulang dini hari atau ga pulang sekalian daripada pulang pas jam 9an gitu, yang ada malah dihukum dan KTM ditahan doh males banget. Akhirnya kita cari tempat nongkrong lain, dan itu di pinggiran belakang Agrimart (semacam indomaretnya IPB gitu). Kita duduk-duduk terkapar gitu deh. Pertama-pertama duduk sih jadi kayak kebagi 2 forum gitu, karena duduknya memanjang. Di forum gue ada Kak Jajang kan tuh, si psikolog tapi anak jurusan kimia. Dia kayak baca-bacain tandatangan gue dan anak-anak lain gitu. Dan sumpah, itu pas banget dan bener banget di gue. Dia menyimpulkan gue anaknya plegmatis, simpel, gamau ribet, cuek, dan kadang gapeka. Dia bilang gue kalo udah galau pasti parah banget. Well, gue jarang galau sih, tp gue harus akuin kalo sekalinya gue udah galau itu emang bisa sampe parah banget. Terus Kak Jajang juga bilang kalo gue terkadang suka nusuk orang, sekalipun itu ga sengaja. Dan damn, itu bener banget! Akibat dari ketidakpekaan gue, gue suka nusuk orang walaupun sebenernya gue ga bermaksud untuk melakukan itu. Dan hal terakhir yang dia baca dari gue adalah gue suka sentuhan-sentuhan dan perhatian kecil dari orang lain. Emang bener sih, bahkan walaupun orang itu cuma nanyain kabar gue aja gue bisa seneng banget. Kayak ngerasa kalo gue itu dianggep dan diperhatiin. Setelah banyak cerita akhirnya kita berniat untuk pulang, itu udah jam setengah 12 gitu. Tapi akhirnya gajadi, karena akhirnya kita gabung forum dan nanya-nanya soal ‘kenapa-kita-bisa-kepilih-di-IAAS-ataupun-project’ ke Kak Jajang sama Kak Septi. Kita ngebahas itu sampe lamaaaa banget. Jam setengah 1an akhirnya memutuskan untuk balik lagi. Tapi gajadi lagi. Hahaha emang susah banget pisah sama keluarga:’) forum barunya adalah jujur-jujuran. Buka-bukaan pikiran dan pendapat. Dari pengakuan Hesty yang ngefans parah sama Kak Jajang (sebenernya gue dan yang lain juga ngefans sih, tp tetep Hesty paling heboh ngefans nya) sampe gimana perasaan kita pas masuk project dll deh banyak banget yang kita bahas. Sampe akhirnya kita baru pulang jam setengah 2 pagi damnnn. Itu adalah best day ever gitu. Gue sayang banget sama mereka. Fix.


Baru kali ini gue ada di suatu organisasi yang gue jalanin bener-bener dari hati. Tiap minggu gue nunggu2 rapat bareng mereka, nunggu2 kapan lagi kita ngehedon sampe jam 2 pagi, nunggu2 ketemu mereka. Mereka adalah tempat gue pulang ketika gue dilanda kesibukan yang bikin gue gabisa pulang ke rumah pas weekend. Mereka obat jenuh gue. setelah ketemu mereka rasanya otak gue ke refresh. Dan pas gue nulis ini, gue baru aja ketemu mereka lagi. Ga sepuas pas sampe jam 2 pagi itu emang, tapi cukup lah untuk refresh otak gue yang udah masuk titik jenuh ini. Ga full team emang, tapi cukuplah untuk ngobatin kangen. Selain bikin kangen, mereka lah yang memotivasi gue untuk lebih baik lagi. Gue kayak surrounded by great people gitu. Mereka orang-orang visioner, pemuda-pemuda yang bersedia terjun langsung ke lapangan untuk berbagi, otak brilian yang punya sejuta ide cemerlang. Mereka kece parah. Dan gue gaboleh kalah sama keluarga gue yang ke2 ini. Intinya satu aja sih definisi gue untuk Project : “kalian tempat gue pulang kalo gue lagi di Bogor dan gabisa balik ke rumah haha”. Apapun kegiatan yang gue ikutin, kayaknya ujung-ujungnya gue akan ke kalian lagi. Gue sayang kalian :3 *pelukin atuatu*




No comments:

Post a Comment