17.3.14

Tingkat Paling Bahagia

Kalau kalian masuk IPB, ada yang namanya TPB (Tingkat Persiapan Bersama) pada tingkat pertama. Setaun pertama lo bakal kayak anak SMA kelas 4 dan wajib tinggal di asrama. Sebagai contoh adalah gue anak statistika, tapi gue tetep belajar fisikabiologikimia (trio macan), ekonomi umum, sosiologi umum, agama, pkn, kewirausahaan, pokoknya pelajaran2 sma basi yang sebenernya kalo dipikir-pikir…..si trio macan itu apa gunanya coba di statistika. Statistikanya sendiri sih emang berguna buat si trio macan, tapi ga berlaku kebalikannya. Gila lo siapa yang gabutuh statistika MUAHAHAHA. Tapi ya itulah TPB. Teman-teman sekelas lo gacuma teman-teman satu jurusan. Tapi lo di mix jadi satu sama beberapa jurusan yang emang udah dikelompok-kelompokin. Belom lagi temen sekamar lo di asrama juga beda-beda jurusan. Belom lagi kalo lo ikut organisasi (in my case, IAAS) yang temennya juga beda-beda jurusan. Jadi jangan kaget kalo lo udah masuk IPB, sahabat-sahabat dekat lo malah bukan dari jurusan yang sama kayak lo.

Ga kerasa, taun pertama gue udah mau selesai. TPB gue udah mau selesai. Sekarang aja udah H-2minggu UTS semester 2. Gue agak ga nyangka sebenernya, ternyata gue bisa juga setuju sama plesetan TPB = Tingkat Paling Bahagia. Gue sama sekali ga siap bro untuk masuk departemen. Gue masih terlalu amat sangat nyaman sama masa TPB gue ini. Gue udah nemuin partner in crime gue di kelas, gue udah super sayang sama Project nya IAAS, gue udah susah move on dari temen-temen asrama yang selalu ada di sikon apapun.

Banyak yang bilang, kuliah itu menakutkan. Kuliah itu sendirian, ga kayak SMA yang kemana-mana bisa keroyokan bareng temen-temen. Well, technically bener sih, kuliah itu sendiri. Jauh dari orang tua. Itu faktor utama yang paling susah di kuliah sih sebenernya menurut gue. gue adalah tipe anak yang manja, ga mandiri, dan apa-apa masih diurusin orang tua. Bayangin aja. 17 taun lebih gue tinggal di Pamulang, gue masih gabisa dilepas sendirian untuk kemana-mana, gue ga apal jalan, segala baju masih dicuciin, semua masih diurus nyokap, sampe ke faktor beres-beres kamar pun gitu. Jadi ya gimana nyokap ga ketar-ketir juga waktu ngelepas gue ke kampus yang dimana gue bener-bener sendirian. But praise the Lord for the-power-of-kepaksa. Kalo udah kepaksa sendirian, lo bakal otomatis jadi mandiri kok. Lagipula pada kenyataannya, lo ga sendiri. Bayangin aja ada ribuan anak yang sama nasibnya kayak lo dan dilepas di dunia brutalnya kuliahan. Itu yang gue rasain disini. Gue istilahnya punya keluarga edisi Bogor deh. Pas gue sakit, kerassssssssssa bangetbangetan deh kalo gue ga sendiri. Dari partner-in-crime gue di kelas yang maksa-maksa gue makan, bela-belain ngajak gue jalan-jalan karena kesian ngeliat gue yang jenuh dan kecapean parah sama rutinitas, sampe ngerokin gue dan nyuapin gue makanan. Anak-anak asrama yang bahkan walaupun ga sekamar sibuk mondar-mandir ngecekin gue apa gue baik-baik aja, nyeduhin gue energen, dan nyuapin crackers, sampe teriak-teriak nyuruh gue jangan lupa minum obat. Nyokap emang ga ada, tapi perlakuan mereka yang segitunya ke gue udah lebih dari cukup untuk membuat gue terharu dan ngerasa kayak di rumah kok. Istilahnya, mereka kan bukan siapa-siapa lo dan gapunya tanggung jawab apapun tentang lo. Tapi bisa sampe segitu perhatiannya itu….damn. thank you so much guys{}

Temen-temen asrama yang segitu unyunya hanya bisa lo dapatkan di TPB bro. di Tingkat Persiapan Bersama, di Tingkat Paling Bahagia. Yaa walaupun pertamanya agak bete juga harus belajar pelajaran2 gapenting dan terkekang di asrama yang susah sinyal dan punya jam malem (Cuma sampe jam 9 malem doang!). tapi disitulah letak keunyuan dan kenangannya. Semua peraturan itu bukan ngebuat lo jenuh, tapi ngebuat lo ngerasain kebersamaan, nyari gimana caranya bisa ngelanggar peraturan2 itu diem-diem dan bareng-bareng. Rasa-rasanya ini salah satu kisah klasik gue buat masa depan. Tingkat Paling BahagiaJ

No comments:

Post a Comment