23.3.14

Mimpi dan Masa Depan

Bicara tentang mimpi dan masa depan emang selalu seru dan menyenangkan. Bahkan harus gue akui kalo ngomongin ini jauh lebih seru dibanding ngomongin orang. Membicarakan hal ini membuat gue tersadar kalo masih banyak banget misi kehidupan yang statusnya unaccomplished. Selain itu selalu ada perasaan terpukau setiap mendengarkan mimpi dan harapan orang lain, membuat gue merasa terpacu untuk mulai memikirkan, mau jadi apa gue nanti?

Jujur, gue bukan tipe orang yang visioner (walaupun pengennya gitu) dan ambisius dalam mengejar mimpi. Gue terkadang terlalu malas untuk memikirkan impian gue dan memulai langkah awal. Gue cenderung berprinsip let it flow dan yaudahlah ya liat entarnya aja gimana. Tapi lama-lama gue minder juga kalo udah kuliah dan gue masih berprinsip seperti itu, sedangkan orang-orang di sekitar gue udah melangkah cukup jauh untuk merajut mimpi mereka. Gue? Bisa dibilang usaha gue masih nol. Bahkan lebih parahnya lagi, kalo ditanya soal cita-cita, gue masih bingung setengah mati. Gue udah punya gambaran secara umum sih, gue ingin jadi apa kelak. Tapi kalo ditanya spesifiknya gue masih bingung.

Setelah gue (akhirnya mau) berpikir, sebenernya banyak banget hal yang mau gue lakukan di dunia, banyak banget misi kehidupan yang mau gue capai. Semenjak masuk IPB, otak gue mulai terdoktrin tentang betapa mirisnya pertanian di Indonesia. Padahal dulu gue masuk IPB cuma karena statistikanya (yang katanya) paling bagus di Indonesia. Udah itu aja. Gue dulu selalu berpikir, statistika ya statistika, pertanian ya pertanian. Ga nyambung. Walaupun sekarang kalo kalian tanya ke gue apa hubungannya statistika sama pertanian, gue tetep gabisa jawab dengan baik. Tapi yang gue tau, pasti ada alasannya kan sebuah institut pertanian memiliki jurusan statistika. Sekarang setelah gue tau keadaan pertanian di Indonesia, gue mulai bertekad gimanapun juga gue harus bisa jadi seorang ahli statistika yang bisa membantu memajukan pertanian Indonesia yang walaupun berpotensi tinggi, tapi sangat memprihatikan ini. Semoga aja seiring berjalannya waktu gue tau pekerjaan macem apa yang bisa bikin gue berkontribusi lebih di bidang pertanian dan ekonomi. Kenapa jadi ada ekonominya? Karena gue adalah mantan calon anak ekonomi yang udah gagal sebelum berjuang haha. Lagipula gue lihat ilmu pengetahuan alam udah ga seksi lagi kalo ga diimbangin sama ilmu sosial. Jadi gue gamau tau, semester 3 gue harus bisa ambil minor Ekonomi Studi Pembangunan.

Mimpi gue yang lain terbentuk dengan sempurna setelah gue mengenal sebuah travelling show gitu yang bernama "Jalan-Jalan Men". Gue nonton ini dari jaman episode yang masih di Bandung, jauh sebelum Jalan-Jalan Men nongol di tv. Gue nonton ini gara-gara dipromosiin sama temen gue juga sih. Intinya acara ini tuh menguak semua harta karun Indonesia dengan cara yang unik dan enak ditonton. Gue baru bener-bener sadar kalo Indonesia itu maha pecah dan awesome parah. Picisan-picisan surga yang sempet bocor tuh kayaknya ngumpul semua di Indonesia. Dari gunung, pantai, pulau, manusia-manusia ramah, dvd-dvd bajakan(?) semua ada bre. Maka mimpi gue yang selanjutnya adalah : keliling Indonesia. Pokoknya gue kudu ngiterin Indonesia dari Sabang sampe Merauke suatu saat nanti. Kata temen gue sih, orang yg sudah melakukan perjalanan, tingkat filosofisnya bakal bertambah. Nah doakan aja gue bisa sering2 ngelakuin perjalanan nantinya, supaya blog ini isinya tulisan mutu sok2 filosofis gidu. Azeg.


Dari dulu gue selalu pengen punya social project dan itu baru kerealisasikan sekarang. Thanks to Allah dan takdir yg udah mempertemukan gue dengan IAAS haha. Paling ngga untuk mimpi yang satu ini gue lagi on progress lah ya. Mungkin emang udah kodrat manusia untuk berbuat baik. Karena sebejat apapun lo, gue yakin kok kalo lo masih manusia pasti lo akan merasakan kebahagiaan kecil saat berbagi dan berbuat baik. Rasanya tuh kayak...hidup lo menjadi lebih berguna. Nah untuk ke depannya, jangan kaget pas tahun 2040 nama Indonesia Mengajar diganti jadi Andin Mengajar haha kagalah. Yaa dari hati kecil gue ada sesuatu keinginan untuk meratakan pendidikan sih, jadi gacuma orang kaya aja yang bisa pinter, tapi orang gamampu juga bisa. Gue pengen banget bisa ngubah mindset anak-anak Indonesia kalo kesuksesan itu ngga bergantung sama siapa orangtua lo, tp bergantung sama siapa elo. Dan gue harap sih Indonesia pada nantinya bener2 bisa ngasih pendidikan yang gratis dan layak untuk semua orang. Kalo udah bicara masalah pendidikan, yaaa mari kita mulai dari diri sendiri dulu. Kalo pengen anak-anak Indonesia jadi orang sukses dan jadi generasi penerus yang ngebanggain bangsa...coba tengok diri sendiri dulu sih. Masih nyontek ga kalo ujian? :) gue semenjak kuliah sih alhamdulillah sekali sudah tobat dari kebiasaan laknat itu:' tapi kalo nyontek tugas....itu masih sangat sulit untuk dihapuskan.

Mimpi gue yang lain adalah gue pengen banget bisa ahli dalam berbagai bahasa. Jaga-jaga aja kalo nanti2 gue sering keluar negri kan wetseh. Minimal banget, gue pengen bahasa inggris gue lancar lisan dan tulisan deh. Tapi kalo untuk mimpi yang ini gue masih super nol sih ha ha-_- masih males banget buat mulai. Dulu ada pelajaran bahasa jepang aja nyontek mulu dari awal masuk sampe akhir hayat ujian sekolah hoam. Terus pengen bisa bahasa arab juga tsah, jadi nanti kalo sudah waktunya gue naik haji bersama orangtua gue (aamiin) udah gaul gitu bisa bahasa arab.

Sebenernya kalo mau gue list lagi mimpi gue masih superdupermegaultraekstra banyak sih. Tapi gue sudah lelah nulisinnya karena fyi ini pertama kalinya gue ngepost lewat hp haha. Yang jelas yang gue mau, gue di masa depan adalah gue yang berguna untuk orang banyak dan gue yang super membanggakan orangtua yang udah rela capek2 banting tulang ngurusin gue.

Intinya sih cuma ada 2 pilihan soal mimpi : lo mau keep dreaming atau wake up dan berusaha meraih mimpi itu. Semangat untuk meraih masa depan yg cerah guys! Jangan jadi orang mainstream yang hidup, mimpi, serta masa depannya mainstream dan boring juga. Mumpung masih muda, banyak2in deh bermimpi dan berusaha. Jangan takut salah dan gagal. Karena disitulah sensasi dan pengalamannya. Wetseh andin golden ways.


No comments:

Post a Comment