5.4.14

Plegmatis

Di kuliah ini gue mengenal orang-orang yang mengerti tentang sifat-sifat kepribadian dan mengecap gue sebagai orang yang Plegmatis mutlak (cukup menyenangkan kenal orang2 macem mereka. Gue ga harus capek2 nunjukin 'gue tuh kayak gini lho', tapi mereka udah tau dan ngerti banget kepribadian gua gimana). Well, setelah gue penasaran dan sok-sok ngambil tes kepribadian, gue ga plegmatis mutlak kok. Gue plegmatis-sanguinis. Tapi ya emang sih...persenan plegmatisnya jauh lebih mendominasi. Ngomong2 soal kepribadian, nih gue kasih gambaran besarnya tentang 4 kepribadian dasar manusia:

ini perbandingannya

ini edisi plegmatisnya

Asal kalian tau, susah banget nyari cewe yang se plegmatis dan sepemikiran sama gua di IPB. Gua cuma nemu 2 orang setelah sekian lama di IPB dan ini membuat gue merasa unik dan one of a kind banget kayaknya disini ngahaha. Gue manggut-manggut cantik aja sih pas baca-bacain artikel kepribadian segala macem di internet sambil mikir "damn...ini gue banget. fix." Jadi seneng sendiri rasanya pas baca, jadi ngerasa artikel2 ini sangat mengerti gue:')

Orang-orang koleris di samping gue sering gregetan sendiri kayaknya melihat betapa santainya gue. Mereka sering banget bilang : "Din lo tuh punya potensi, tapi plis banget lo gabisa ya gerak dan termotivasi untuk menggapai itu?". Keburukan utama orang plegmatis : gapunya ambisi. Ambisi gue nol. That's why gue sangat menikmati untuk berbincang sama orang-orang koleris yang punya ambisi besar. Itu bikin gue mikir, coba gue punya sediikiiiiiiit aja ambisi, sebenernya gue bisa lebih dari ini. Keliatannya emang nikmat jadi orang plegmatis, kita adalah orang-orang yang paling mengerti cara menikmati hidup. Kita bisa menikmati masa-masa sendirian, maupun bareng orang lain. Kita sangat fleksibel dan mudah beradaptasi dalam segala situasi kondisi. Plegmatis lah yang selalu bisa masuk ke kepribadian yang lain, mau itu koleris, sanguinis, maupun melankolis. Kita netral. Kita bebas. Kita adalah pendengar setia yang paling baik ketika kalian ada masalah. Kita gapernah kepo dan cenderung menunggu untuk dicurhatin. Kita jauh dari masalah dan ga akan ikut campur masalah kalian, secara masalah sendiri aja ga dianggep, apalagi masalah orang. Tapi kita bisa ngasih kalian suatu advice yang terkadang bisa lebih ngena dibanding orang lain. Pada saat-saat tertentu, kita bisa jadi orang yang sangat bijaksana. Kita selalu mencari the easiest way to do something.  Kita emang cuek, banget malah, tapi kita mementingkan perasaan orang lain dan sebisa mungkin ga nyakitin perasaan orang, karena kita suka kedamaian dan gasuka kalo ada konflik. Kita pemaaf dan susah marah. Hidup kita tentram dan ga terlalu banyak mikir. Kita selalu merasa cukup dengan apa yang udah kita punya sekarang.

Tapi pada kenyataannya, hidup itu gacuma sekedar dinikmati dan disyukuri. Gue tetep harus punya goal2 tertentu yang harus gue capai kalo gue mau sukses. Dan yang paling menohok dari salah satu artikel yang gue baca, seorang Plegmatis itu dilahirkan untuk menjadi seorang pengikut. HAHA. Plegmatis cenderung iya-iya aja dan ga banyak menyampaikan pendapat, males nyari konflik, atau kadang kalo udah parah, suka lari dari tanggung jawab. Pasif dan Pemales. Padahal sebenernya, kalo aja gue mau ngeluarin ide yang udah bersarang di otak, bisa aja ide itu jadi sesuatu yang luar biasa. Karena sering banget gue mikir "ih itu kan ide gue!" tapi dia yang sukses, karena dia berani ngeluarin ide itu dan gue cenderung "yaudahlah~". Nyesek juga broh.

Pemalesnya gue tuh udah super duper parah. Gue males, dalam hal apapun, apapun. Dari hal sesimpel mikir dan bergerak pun gue males. Apalagi kalo udah di rumah, masya Allah. Kerjaan gue cuma mandi makan tidur internet komik novel game tidur lagi. Bukan istri idaman banget dah. Ga ada inisiatif sama sekali buat belajar masak kek apa kek. Sampe orang tua gua kadang suka bete sendiri punya anak cewe kok gabisa ngapa2in:') Gimana mau apply beasiswa sama forum-forum kece yang persyaratannya naujubilahminzalik. Keburu males duluan pas liat persyaratannya. Dan gue adalah tipe orang yang suka nunda-nunda sampe mampus, sampe expired. Sampah bangetlah kalo udah ngomongin soal ambisi dan misi hidup. Maka dari itu gue butuh deadline. Karena kalo gaada deadline, gue pasti ga akan gerak. Tapi...kita gasuka didesak. Nah lho. HAHA paling susah emang berhadapan sama orang plegmatis, serba salah. Lo mau cuekin, kita ga berkembang. Lo mau desak, kita nya malah bete dan cenderung "yaudah sih ahelah". Mati aja:')

Selalu menjadi hal yang lucu kalo gue udah ngobrol sama orang koleris (terutama koleris-sanguinis atau sanguinis-koleris). Kayaknya, seorang yang plegmatisanguinis kayak gue akan sangat cocok kalo udah sama seorang yang kolerisanguinis. Kita adalah definisi mutlak dari simbiosis mutualisme. Seorang koleris yang penuh ambisi dan terlalu banyak mikir bakal ngebutuhin seorang plegmatis buat ngingetin mereka untuk tetep santai dan menikmati hidup. Sedangkan seorang plegmatis sangat membutuhkan seorang kolerisanguinis yang paling jago ngompor-ngomporin dan motivasi kita untuk punya ambisi seperti mereka.

Btw, dibalik semua kenetralan dan kecuekan plegmatis, ada suatu hal yang ga semua orang sadar dan tau. Gue baca ini di salah satu artikel dan ini bener banget. Kita adalah pembohong kelas kakap, suka fake. Kalian ga akan pernah tau apa yang sebenernya dirasain seorang plegmatis. Karena di luar kita keliatan datar-datar aja. Karena terkadang apa yang kita tunjukin di luar, itu beda sama yang di dalem. Kita ga selalu bener-bener bahagia di suatu pesta, dan ga selalu bener-bener sedih di suatu pemakaman. Ketika kalian udah baik banget sama seorang plegmatis, kalian ga akan pernah tau betapa bahagianya si plegmatis. Dan ketika kalian udah nyakitin hati seorang plegmatis, kalian juga ga akan pernah tau sedalem apa sakitnya si plegmatis. Seorang plegmatis cenderung menyimpan perasaannya baik-baik. Karena kita netral.

Ea banget dah postingan kali ini. Kalian akan mengenal gue selangkah lebih jauh. EA. Super EA. Udah ah mengekspos dirinya. Wassalam!

6 comments:

  1. Love your post!
    Gua ngakak2 sendiri bacanya ngahahaha
    Btw, gua plegmatis-koleris, tp kayaknya lebih banyak plegmatisnya sih.

    Cheer's

    ReplyDelete
  2. Ehh gue juga plegmatis nih . Lha prtanyaan gue , gimana orang plegmatis bisa sukses? Sdangkan ia cuma watak pengikut???? Masak gk ada peluang sukses buat orang plegmatis ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada konselor atau jadi psikolog rulemodel liat aja dedysusanto

      Delete
  3. Salam kenal... Sepertinya kita satu spesies ya.. Wkwkwk.. Hanya kecenderungannya Plegmatis-melankolis :-D Harusnya ada serikat plegmatis nasional biar bisa saling motivasi biar sukses... :-P

    ReplyDelete
  4. Gw baru baca ni ..gw jga baca smbil ktwa2
    Btw gw plegmatis koloris wkwkwk
    Slm

    ReplyDelete
  5. Gue juga ketawa bacanya, salam kenal gue plegmatis melankolis

    ReplyDelete