9.4.14

Pulang

Dan lalu...
Rasa itu tak mungkin lagi kini tersimpan di hati...
Bawa aku pulang, rindu! Bersamamu!

Pulang udah jadi hal yang sangat amat sakral buat gue. Rasanya gue memang sudah sangat bergantung sama orang-orang rumah, susah jauh-jauh terlalu lama. Padahal mah Bogor doang. Gue bisa pulang kapan aja, tinggal cancel semua acara dan capcus aja pulang. Dibanding sama temen-temen gue yang kuliah di Bandung, Jogja, bahkan Jepang dan Belanda, gue mah ga ada apa2nya. Tapi kenyataannya, gue selalu sumringah dan bahagia setengah mati kalo udah pulang. dan dalam keadaan super sekarat + jenuh kalo ga pulang lebih dari 2 minggu. Hati gue emang punyanya Pamulang deh.

Nah ceritanya sekarang gue lagi pulang nih. Berleha-leha setelah disiksa sama uts dan merasakan pertama kalinya nyoblos. Pas lagi nyoblos gue ketemu beberapa tetangga yang keliatan surprised pas liat gue sambil ngomong "Wah Andin udah gede ya! Udah kuliah? Dimana sekarang?". Pertanyaan2 basi itu bikin gue mikir, iyaya...gue udah gede. Udah umur 18 taun. Dan selama itu, baru kuliah ini gue ninggalin Pamulang. Mungkin gue udah bisa disebut sebagai salah satu putri daerah Pamulang.

Dan lalu...
Air mata tak mungkin lagi kini bicara tentang rasa...
Bawa aku pulang, rindu! Segera!

Setelah jalan-jalan keliling Pamulang setelah sekian lama, lewat depan TK, SD, SMP, dan tempat les gue pas SMA...ternyata gue emang kangen. Dan langsung flashback ke masa-masa dari gue super kecil kayak upil sampe segede ini. Gue cuma bisa senyum pas lewat depan gerbang TK gue, TKK Mater Dei. Inget banget sosok gue yang dulu niat banget untuk sekolah. Gue bisa nangis kejer kalo ga sekolah, walaupun sebenernya gue gamasuk karena sakit. Inget perjuangan gue (atau lebih tepatnya nyokap gue sih) untuk tetep sekolah di tengah ujan dan banjir, naik ojeg dengan tangan yang sibuk megangin rok biar ga basah. Segede itu bro semangat gue buat sekolah pas TK haha. Gue yang setelah pulang selalu minta dibeliin baju barbie di abang-abang yang setia banget nongkrong di gerbang sekolah. Gue yang dulu sering banget caper sama guru dan suster (kepala sekolah gue seorang suster, maklum TK Katolik). Gue yang ikut lomba mewarnai, balet, dan gerak jalan. Gue yang waktu TK pernah dikejar-kejar sama cowok gendut yang suka banget ngebauin rambut gue dan bilang dengan polosnya : "rambut andin wangi".

Beranjak ke SDK Mater Dei. Gue pas SD adalah gue yang tomboy, pinter, dan ngebanggain nyokap apapun kondisinya. Pas SD gue pernah jadi anak kesayangan suster (sekali lg diingetin, ini kepsek gue. Maklum sekolah katolik ngahaha). Sampe gue suka dikasih hadiah-hadiah kecil macem pin dan pulpen. Di SD gue juga sering mintain biodata guru-guru yang gue gangerti lagi gue dapet ide buat bikin hal kayak gini darimana. Hampir semua guru udah ngisi buku gue kayaknya, dan ternyata pas gue obrak-abrik kamar, buku itu masih bersemayam cantik di rak buku gue haha. Masa SD gue cukup membahagiakan dan nakal sih. Waktu SD, gue tergila-gila sama perpustakaan. Gue selalu minjem segala macem buku. Dari karya Enid Blyton macem 5 Sekawan, Malory Tower, dll. Terus karya Arswendo, terus Goosebumps yang bikin gue ga bisa tidur, Harry Potter yang cuma sampe nomer 4 aja kuat bacanya (yang nomer 5 tebel bgt dan gue pas SD terlalu rapuh dan lemah untuk baca buku setebel itu), terus buku Totto-chan yang masih ngebekas banget di hati, dan berbagai macam Chicken Soup. Pokoknya gue ngerasa perpustakaan tuh hidup gue banget deh pas SD. Terus pas SD gue udah mengenal kata cabut lho! Inget banget kalo cabut mainnya ke lapangan basket sambil ngeliatin kakak-kakak kelas main basket HAHA sudah agak genit. Terus gue juga harus membanggakan betapa kerennya gua yang berusaha puasa 1 hari full di antara ratusan anak beragama katolik dan kantin-kantin yang buka seenak jidat menggugah selera. Untung pas SD gue gasuka makan, jadi gue malah seneng disuruh puasa haha.

Kelas 1 SD gue pernah dapet nilai 0 di pelajaran Bahasa Indonesia. Tapi setelah gue selidiki, guru gue sengaja ngasih nilai segitu setelah kerjasama bareng nyokap. Karena tulisan gue pas SD tuh super duper kecil dan imut dan susah dibaca. Jadi ceritanya biar gue sadar, gue dikasih nilai 0. Tapi tetep aja bre, shock. Kelas 2 SD gue udah kenal nyontek karena ada pelajaran laknat bernama Bahasa Mandarin. Si kampret emang. Itu bahasa super susah ya dan gue bukan orang cina...jadi jangan salahin gue yang masih polos itu melakukan segala cara supaya rapot gue ga dirusak sama pulpen merah di kolom Bahasa Mandarin. Kelas 2 SD juga pertama kalinya gue dapet surat cinta HAHAHAHA anjer ini lucuk. Kelas 3 SD gue dikejutkan temen gue yang udah mulai pacaran. Pertanyaan dasar, apa itu pacaran? Kelas 4 SD gue sekelas sama sohib gue, Wea, dan dapet wali kelas yang nyentrik gewla. Namanya Pak Marsudi. Guru matematika yang gue udah ga ngerti lagi deh...dia awesome dan lucuk parah haha jd kangen. Terus gue ngebentuk geng gitu di kelas 4 SD ini, namanya geng devil yang lucunya masih bertahan lho sampe sekarang! Kita masih suka ketemu di sela-sela liburan untuk sekedar sleepover atau jalan-jalan bareng. Kelas 5 SD, gue ikut olimpiade sains di Pangudi Luhur. Pencapaian tertinggi gue bisa ngalahin temen gue yang super pinter namanya Albert (dan dia sudah sukses jadi anak FTI ITB sekarang, selamat!) di pilihan ganda olimpiade NGAHAHA. Oh iya kisah cinta gue di kelas 5 ada sih, tp agak semu gitu(?) intinya gue pernah dikasih coklat sekotak gede deh pas valday. Kelas 6 SD, masa-masa yang paling mengecewakan buat nyokap gue. Jadi beliau udah ngusahain banget buat anak yang dapet 10 besar se angkatan untuk dapet piala penghargaan. Dan tau gue peringkat ke berapa? 11 :)

Dan lalu...
Sekitarku tak mungkin lagi kini meringankan lara...
Bawa aku pulang, rindu! Segera!

Beranjak lagi ke SMP, SMPN 1 Pamulang yang udah ganti nama jadi SMPN 4 Tangerang Selatan. Masa-masa alaynya gue nih HAHA bisa diliat deh di blog archive gue yang jadul-jadul, super hina:') Gue ketemu sama teman-teman yang pada akhirnya mayoritas dari mereka jadi temen SMA gue juga. SMP itu pertamakalinya gue pacaran, pertamakalinya gue nangis karena cowo, pertamakalinya gue yang pas SD tomboy jadi mikirin penampilan, pokoknya masa-masa abege labil penuh kehinaan deh. Terus gue inget banget masa SMP kelas 3 gue adalah masa kejayaan otak gue yang entah gimana bisa ranking 1 seangkatan gidu untuk semester terakir HAHA keajaiban.. Masa-masa SMP juga masa dimana gue mulai mengenal masalah-masalah hidup yang ga se standar memory card PS1 yang ilang. Menyenangkan, istilahnya proses pendewasaan diri lah HASEG.

Beranjak ke SMA, SMAN 2 Tangerang Selatan. Gue ga akan cerita tentang SMA nya, karena SMA gue letaknya bukan di Pamulang, tapi di Muncul. Jadi yang akan gue ceritakan adalah Mitra Pelajar, tempat les gue. SMA adalah masa dimana pertamakalinya gue les. Hal yang cukup bikin nyokap yang selalu menganggap gue bisa belajar sendiri, terkejut. Ternyata untuk edisi kelas akselerasi, gue gabisa bro belajar sendiri. Gue butuh tempat yang menampung segala pertanyaan gue yang gabisa selalu gue keluarin di sekolah. Dan Mitra Pelajar ini, somehow, sangat membekas di hati gua. Keinget gimana perjuangan belajar gue pas SMA. Keinget kalo Mitra Pelajar ini udah jadi rumah ke-3 gue setelah rumah asli dan sekolah. Keinget gimana deketnya gue sama guru-gurunya. Keinget gimana gue nongkrong di Mitra dari siang bolong sampe Mitra bener-bener tutup. Keinget gimana seringnya makan di Warung Mas Kemal yang tinggal nyebrang doang dan murah banget. Keinget gimana pas gue sakit DBD, temen gue mention Mas Kemal nya buat ngucapin gws ke gue...dan gue bener2 diucapin gws sama Mas Kemalnya yang lumayan tampan itu:') Keinget betapa seringnya beli minuman hop2 abalan dan cilok Bogarasa yang super nagih padahal sebenernya ga sehat. Bener-bener ngebekas di hati dan pikiran deh. Setiap gue ngelewatin Mitra, itu bener-bener ngebuka semua kenangan perjuangan gue untuk lulus UN dan SBMPTN dulu.

Jelajahi waktu
Ke tempat berteduh hati di kala biru...

Rasanya pulang selama 4 hari itu sangat ga cukup. Gue ga sempet ketemu temen-temen SMA gue (yang ga aksel) yang lagi sibuk nyiapin UN, gue cuma bisa ngabisin waktu sebentar sama aa pacar, gue yang cuma nyampah di rumah. Kurang waktu banget. Gue masih kangen banget sama mami, ayah, adek. Kenangan-kenangan hangat dari gue kecil sampe sekarang udah membelenggu gue, membuat gue gabisa kemana-mana. Gue butuh waktu pulang yang lebih banyak. 

No comments:

Post a Comment