29.4.14

Sweet Meditation

meditasi /me·di·ta·si/ /méditasi/ n pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu

Siapa sih yang ga butuh meditasi? Dari orang paling stress yang mau bunuh diri sampe orang yang paling bahagia punya duit banyak juga pasti butuh saat2 tenang untuk meditasi. Bentuk pencapaiannya pun bisa beda2. Dari sekedar ketenangan hidup sampai pencapaian prestasi. Kalo untuk gue pribadi sih, definisi meditasi itu lebih ke arah sebuah healing process dan pencarian solusi dari semua penat dan masalah yang terjadi di hidup kita.

Akhir-akhir ini sepertinya gue membutuhkan meditasi karena gue memang lagi dalam tahap healing process, lagi melow2 jijik gidu. Jangan tanya apa masalahnya, karena gue sendiri juga bingung. Intinya gue butuh something untuk melepas penat. Bisa diliat dari playlist hp gue yg isinya lagu2 penenang jiwa macem Tulus, Payung Teduh, Adhitia Sofyan, Float, dll. plus lagu paling wajib di saat2 seperti ini, Fix You nya Coldplay. Jiwa gue lg sakit kali ya. Apa emang dari dulu udah sakit jiwa juga gue ga paham.

Cara meditasi tuh banyak banget. Jujur gue pribadi lebih seneng meditasi dengan berdiam diri di tempat yg sepi dan tenang sama kalo bisa pake plusplus pemandangan bagus. Tapi untuk dapetin momen itu...super susah. But you know what? Tanggal 26 April 2014, Project dengan sukses membawa gue ke momen itu 2 kali dalam 1 hari. Pake bonus makan gratis dan momen seneng2 dari pagi banget sampe jam 12 malem. Paket komplit banget kan:') so lemme tell you the whole story about last Saturday. Momen yg rasanya udah gue tungguin dari sekian lama, dari postingan pertama gue tentang Project, dan lucunya momen itu nongol pas OSK lagi haha.

5.00 am
Muka masih super beler, bekas begadang bikin laporan biologi semaleman. Tapi udah harus siap2 buat senam dan olahraga bareng lorong. Gue mandi dan langsung pake baju bagus krn gue ikutan olahraganya basa basi doang, hbs itu langsung OSK with Project! Ngahaha ga nyangka, lumayan banyak juga anak yg lolos dari SD Cangkrang pas OSK kemaren.

6.30 am
Gue udah nyampe SC. Sendirian. Karena emang janjiannya 6.45 sih, berhubung gue
terlalu bersemangat aja jd gue udh nyangsang disini. Pukul 6.45 pas kak Qorry dateng dan disusul sama Kak Jajang. Dan grup line Project 21 ribut sama anak2 yg pada kesiangan.

7.20 am
Kak Qorry minggat duluan naik ojeg nyamper anak2 di SD Cangkrang. FYI, OSK yg udah masuk tahap kota ini diadainnya di SD Insan Kamil. Tinggal gue sama Kak Jajang nungguin anak yang lain. Sampe akhirnya Suci dateng, terus gue dan Suci nyari angkot buat jemput anak2nya dan nganter mereka ke Insan Kamil. Walaupun pada akhirnya ada misscom gt karena Kak Qorry ternyata udah naik angkot duluan bareng anak2nya ke Insan Kamil. Alhasil angkot yang gue carter sama Suci cuma dinaikin sama gue, Suci, kak Jajang, dan Oki doang sama makanan plus minuman. Udah. Rugi. Kampret.

8.00 am
Pas sampe Insan Kamil, anak2nya udah pada masuk ruangan tesnya. Yaudah guasucikajajangoki duduk2 gidu kan kayak orang tua yang nungguin anak2nya tes. Berasa tua bgtya:') dan yang selalu menyenangkan dari acara2 di sd gini adalah...ada bazaar dan mainan2 sok sains gitu!! Langsung deh jajan kerak telor, teh poci, crepes, dll. Agak norak emang, hbs gimana lagi:') terus Maman tiba2 dateng dan join jadi orangtua dadakan bareng guesucikajajangokikaqorry. Pas anak2nya udah kelar tes, kita nemenin mereka main game2 sains gidude. Jiwa bocah gue sebenernya pengen ikutan main tapi gimana atuh, badan gabisa boong. Masa iya gue main ngelawan anak2 seragam putih-merah. Jadi yaudah, karena gue gabisa menyalurkan jiwa kebocahan gue secara langsung, jadilah gue yg heboh sendiri nyuruhin anak2 SD Cangkrang pada maen. Akhirnya merekanya juga sih yang seneng, pada menang gitu main game nya. Dapet tumblr, binder, pulpen, sama voucher2 banyak banget. Selalu ada kebahagiaan tersendiri deh kalo ngeliat bocah2 ini senyum dan ketawa. Ini salah satu penyebab utama gue milih project. Kebahagiaan dan perasaan 'komplit-karena-gue-bisa-berguna-buat-orang-lain' ini yang gue cari. Gue cuma bisa berdoa semoga mereka lolos dan bisa lanjut+berangkat ke jakarta. Karena yang gue denger dari kak Jajang, anak2 ini belum pernah ke jakarta. Bahkan ke Bogor kota pun belum, Kebun Raya pun belum. Gue aja yang anak Pamulang udah berapa kali ke KRB, lah mereka anak bogor belom pernah samsek. Maka dari itu janji dalem hati gue, suatu saat nanti gue bakal ngajak mereka jalan2 ke kota. Atau jakarta. Pokoknya harus.



muka gua ga ada yang bener dah.


11.00 am
Kita (guekaqorrykajajangsuci) balik ke SD Cangkrang, nganterin bocah2 itu. Maman balik karena ada kuliah dan oki balik ke kosannya. Terus gara2 gua excited ngeliat tukang es doger, ibu2 pendamping dari SD Cangkrang beliin kita es doger dong! Muahahahaha:'D walaupun kata orang kebahagiaan itu gabisa dibeli, tapi eskrim (atau es doger, atau es lilin, atau apapun saudara2nya yg sejenis dan setanah air) itu bisa dibeli. Dan eskrim itu sama aja kayak kebahagiaan:')
Setelah makan es doger, kak Qorry dijemput doi nya. Tinggallah guesucikajajang. Ceritanya sih jam 1 ada acara traktiran kak Dewi yg bakal dilanjutin sama acara bagi2 bibit ke RT di desa Cikarawang. Karena masih jam 11, jadi guesucikajajang ngebolang dulu jalan2 men di desa. Tujuan kita sih ke danau tempat kak Jajang sering galaw. Tp kita ngelewatin jalan yg ga pernah kak Jajang lewatin sebelumnya gidu. Terus yg hacep adalah kita nemu burung puyuh dong!!!!!*baru pertamakali liat* pokoknya kalo ada soundtrack waktu gue jalan lewat sawah2 gidu pasti Tanggal Merah-nya Tulus pas banget. "Berjalan trus berjalan, kaki berjalan, walau tanpa tujuan tak kan tersesat~".

Lumayan jauh juga sia danau-tempat-galaw-kajajang. Tapi perjalanannya sangat worth it kok,walaupun cukup ngotorin sepatu gue yang baru dicuci huf. Dan akhirnya sampailah gue ke tempat meditasi pertama gue pada hari ini. Danau yang tenaaaaaang banget. Bahkan saking tenangnya, bunyi kepakan sayap burung aja kedengeran. Disitu kita ber3 cuma duduk dalam diam, ngebiarin alam yang bercerita, ngebiarin ketenangan masuk ke dalem hati kita. Ini nih, tingkat kenyamanan tertinggi yg bisa lo capai pas sama orang lain. Yaitu ketika lo tetep ngerasa tenang dan ga awkward walaupun cuma duduk dalam diam. Damn ini meditasi yang enak banget. Gue cuma diem, merem, dan ngehirup betapa sejuknya udara di daerah Bogor yang ga terjamah sama orang banyak ini. Pake plus2 pemandangan yang bagus pula.


Kita tenggelam dalam pikiran kita masing2 sampe sekitar jam setengah 2an. Baru inget kalo ada acara traktiran kak Dewi. Dengan sangat berat hati kita ninggalin tempat meditasi yang membahagiakan itu dan minta Uga jemput di musholla yang ga jauh dari danau itu.

1.45 pm
Kak Dewi nraktir kita di satu tempat makan bernama "d'licious" gitu di daerah Babakan Tengah. Gue kira, pas gue sampe sana bakal udah rame karena udah telat. Gataunya sampe sana baru ada kak Dewi doang ngahaha-_- orang Indonesia banget dah, bahkan mau ditraktirpun masih ngaret. Beberapa menit kemudian semuanya ngumpul sih. Selain guesuciugakajajangkadewi, ada oki, hesty, kak septi, arum(volunteer di luar IAAS untuk bagiin bibit). Terus maman juga nyusul selesai kuliah. Kita ngobrol2 seru tentang IAAS dan Project ke depannya sambil makan hidangan gratisan yum :9 tapi sesuatu yg lol pas habis makan adalaaaaaaaaah asma gue kambuh jengjengjengjeng. Gue udah kalem2 diem dan beli air putih gitu ya, krn biasanya bakal cepet sembuh jg jadi gue cuma ngomong ke suci. Eh gataunya, asma gue kambuh cukup parah dan sialnya obat gue ketinggalan di kamar-_- jadilah gue ngerusuhin oki sama hesty buat beliin obat di apotek terdekat dan obatnya ini dibayarin sama kak septi ngahaha. Ya tapi ada manusia2 kampret macem Maman sama Uga yang malah ngegodain dan bikin ketawa gue yang buat ngomong aja susah:') but overall, thanks guys buat perhatiannya:)

Nah dr sebelum sampe habis insiden bengek itu kan hujan ya, akhirnya ibu2 desa sms kak septi dan minta untuk bagi2 bibitnya diundur jadi besok. HAHA-_- Gue pribadi sih jadi super gaenak sama Arum, si volunteer, yang udah bela2in dateng tapi acaranya malah gajadi. Mungkin kalo gue jadi Arum gue udah mencak2 bete minta pulang.

5.00 pm
Pada akhirnya diputuskan kita mau karaoke2 men!!! Setelah dari "d'licious", beberapa orang balik dulu ke habitatnya masing2 buat sekedar ganti baju, ngambil barang yang ketinggalan, sama ganti sepatu yang basah. Termasuk gue. Ngambil laptop yang rencananya sih akan dipake buat bikin essay gidu *tapi pada akhirnya ga dipake sih karena udah larut dalam euforianya project, semua jadi kelupaan*.

5.30 pm

Kita semua ngumpul di Alfamidi dan akhirnya caw ke Nav di daerah sesuatu jambu *gabakat ngapal nama tempat*. Pertama naik angkot gitu ramean, ketawa cekikikan, makanin kripik oleh-oleh dari kak Jajang yang habis ke Malang, ngecak2in Oki sama Arum yang mulai tumbuh benih2 cinta cailah, ngegodain kak Dewi yang takut mabok sepanjang perjalanan. Habis naik angkot, dilanjutin naik Trans Pakuan. Di TransPakuan gue memejamkan mata gue. Rasanya cuma sebentar, ternyata gue ketiduran setengah jam-an lebih. Pas baru mau merem, satu bis isinya kita2 doang. Pas melek, udah rame banget.

8.00 pm
SAMPE DI NAV!!! Di Nav gue melakukan pemusatan pikiran dan perasaan gue buat bersenang2 lalalayeyeye. Rasanya lepas banget. Nyanyi2 jejingkrakan teriak2, dari lagu galaw sampe lagu kelabing dijabanin. Berasa nonton konser dah gapaham lagi. Udah ga peduli lagi suara seancur apa. Udah ga peduli lagunya nadanya gimana. Udah ga peduli nyanyi bahasa Inggrisnya belepotan. Udah ga peduli lagi jidat gue terekspos kayak apa. Udah ga peduli lagi tampang sama kelakuan. Kalo kayak gini kerasa banget keluarganya. Lo ga akan pernah peduli sejelek dan sehina apapun, karena lo ngerasa kayak di rumah. Lo bener-bener bisa jadi diri lo apa adanya. At least, itu sih yang gue rasain. Rasanya pengen ngelakuin hal ini lagi,lagi,lagi,dan lagi. Take me back to that lovely malming.

iya kan jidat gue ga nyelow:( gabisa dijadiin dp deh:(

10.30 pm
Setelah 2 jam tereak2 dan loncat2 gatau diri di atas sofa Nav, kita diusir karena kuota udah abis. Sebelum balik pada mau shalat dulu gidu. Gue lagi ga shalat sih, tapi gara2 dibilangin kalo musholanya di atap gitu gue langsung ngikut. Dan selamat datang di tempat meditasi gue yang ke-2 hari itu. Gue bisa liat dan nikmatin indahnya citylight edisi kota Bogor. Rame. Lampu bertebaran. Dan gue bisa ngamatin dari atas, tanpa orang2 di bawah itu tau kalo gue lagi ngeliatin mereka. Udara malemnya juga sejuk bangetbangetbanget. Lagi-lagi gue merem, nikmatin semuanya, tau kalo semuanya bentar lagi udahan, tau kalo hari ini sebentar lagi berakhir, tau kalo sebentar lagi gue bakal dibanting untuk balik ke realita. Rasanya tuh...damn, gabisa banget ini waktunya di pause? Sampe akhirnya semua orang selesai shalat dan kita pun turun.
Udah malem, perutnya kerucukan, laper. Pas ditanya mau makan dulu apa langsung balik, gue langsung teriak "MAKAN!!!". Dan ini artinya Uga--yang ceritanya lagi sok-sok ocd, ceritanya sih--jadi gagal karena kita ajak makan malem2 haha.

11.00 pm
Say hi to McD!! Muahaha. Berhubung udah sangat malam, kita gabisa makan di segala restoran yang sempet dipromosiin sama kak Jajang (kedai kita & kedai pasta) yang pastinya udah tutup. Rada ngeselin emang, ngapain promosiin tempat makan enak tapi udah tutup-_-
Yang paling menarik perhatian kalo di McD *selain McFlurry caramel sama Prosperity Burgernya* ya Happy Meal nya. Diantara segitu banyak orang, yang mesen Happy Meal dan rusuh sama mainannya cuma gue dan kak Jajang.

dan gue milih Furby Boom yang paling kanan dan kak Jajang milih yang ada rambut pinknya mencuat

Pas ditanya dan dikata2in karena beli Happy Meal, si kak Jajang bilang : "Ya biasa lah orang2 yang deket sama bocah belinya ginian. Gue beli ini buat ponakan gue, lo beli buat adek lo kan ndin?"...........gue beli buat diri gue sendiri sih bukan buat adek gue HAHAHA. Yaudah deh kita makan bareng2. Yaaa dan sedihnya habis makan2 seru gini, semuanya selesai. Udahan. Kelar. & It's time to say goodbye to this sweet meditation and lovely happiness.

Ouch, super ouch. Gue kangen banget momen2 itu. Pengen banget nge rewind semuanya. Kalopun gabisa di rewind yaa gue cuma bisa berharap momen2 kayak gini bisa ada lagi dan lagi dan lagi. Walaupun sedih karena semuanya udahan, tapi meditasi2 yang gue lakukan bersama mereka bisa dinyatakan berhasil kok. Gue udah berhasil mencapai sesuatu yang gue tuju dari meditasi ini. Ketenangan. Ketenangan dan kebahagiaan mutlak di pikiran dan hati. Thanks guys{}

1 comment: