16.8.14

Thank God, blog udah gak se-rame dan se-ngehitz dulu. Itu artinya gue semakin bebas untuk berbacot-ria disini tanpa banyak orang yang ngeh dan tau. Well, untuk orang-orang yang kurang beruntung dan kesasar sampe ke sini, mohon maaf blog ini penuh dengan cerita-cerita dan buah pikiran yang super nyampah:')

btw.....
Dear blog, gue lagi super capek. Bukan fisik sih. Tapi pikiran.

Kalo kata kak Iwan Setyawan sih menulis itu membebaskan. Makanya sekarang gue nulis. Dengan harapan, ini bisa membebaskan gue dari kepenatan.

Kalo kata mbah Sudjiwo Tejo sih negeri ini terlalu banyak pagi dan kekurangan senja, terlalu banyak gairah dan kurang perenungan. Makanya sekarang gue merenung. Mencoba berkaca. Mencoba mengenali diri gue sendiri. Mencoba jujur terhadap diri sendiri. Mencoba menyadari apa aja kesalahan-kesalahan yang telah gue buat.

Gue capek. Mengenali diri sendiri ternyata susah ya. Jujur terhadap perasaan diri sendiri ternyata jauh lebih susah lagi. Setelah gue mencoba untuk merenung, ternyata gue lagi banyak masalah. Terlalu banyak masalah yang gue anggap ga ada, terlalu banyak masalah yang gue kacangin tanpa penyelesaian yang jelas. Coba, itu masalah atau martabak keju sih sebenernya. Kok dikacangin:( WK jayus:(

Ternyata gue kesepian. Beberapa hari ini gue pulang malem terus. Entah itu habis main atau rusuh sama placement test di EF. Yang jelas gue pulang malem setelah ketemu sama temen-temen gue deh. Gue ketawa lepas bacot segala macem seperti biasa pas sama mereka. Tapi pas sampe kamar.....jeng jeng jeng. Rasanya langsung sedih. Rasanya sepi. Rasanya gue sendirian banget gitu. Rasanya chat-chat yang rame di LINE itu sangat jauh dari nyata. Ternyata gue kesepian.

Akhir-akhir ini, gatau kenapa banyak banget orang yang curhat ke gue lewat LINE. Jujur, gue mulai kebingungan. Gue bingung harus nanggepinnya gimana. Walaupun gue tau, terkadang yang mereka butuhkan cuma pendengar yang setia, bukan nasehat-nasehat basi yang udah sering banget mereka denger. Tapi kan kalo lewat virtual chat macem LINE, mana bisa kita cuma ngangguk-ngangguk doang baca cerita mereka. Mau gak mau tetep aja harus nanggepin sesuatu. Jujur, gue sedikit males dan capek nanggepin curhatan-curhatan ini. Tapi kalo gue ngomong kayak gitu, nanti mereka gamau curhat sama gue lagi. Padahal kan gue bukannya gamau dengerin curhatan mereka, gue cuma butuh rehat sejenak aja dari dengerin masalah-masalah mereka. Karena ternyata, gue juga punya banyak masalah. Dan curhatan-curhatan mereka ini membuat gue ling-lung. Membuat gue jadi kehilangan fokus dari masalah gue sendiri. Gue jadi lupa kalo sebenernya gue juga mau curhat. Ujung-ujungnya semua masalah itu kependem di hati sampe busuk. Sampe sakit.

Medsos bukannya bikin hidup rame, malah bikin makin sepi dan jenuh. Hhhhh jaman sekarang orang jadi lupa kalo sebenernya human connection lebih fun daripada internet connection.

Berhubungan dengan orang lain itu emang susah ya. Sekarang gue ga akan heran lagi kalo ada orang yang anti-social. Mungkin sebenernya hidup mereka lebih mudah dan nikmat karena ga harus berhubungan dengan orang lain yang kebanyakan ga sejalan dan ga sepemikiran sama kita. Ga harus susah payah nyape-nyapein diri sendiri untuk ngertiin orang lain. Ga harus susah payah ngorbanin perasaan demi orang lain. Gue tau ini egois, tapi sumpah, gue lagi capek dan males banget ngertiin orang. Gue lagi pengen dingertiin. Gue lagi pengen dimanja. Gue lagi butuh tempat bersandar.

Tau bagian yang paling sulit dari berhubungan dengan orang lain? Bagian pertemuan. Karena kata mbak Rara Sekar, setiap pertemuan adalah sebuah perangkap. Sebuah bom waktu yang dihiasi dengan bunga dan rindu. Walau sesungguhnya kita sepenuhnya sadar, pertemuan hanyalah sebuah perpisahan yang menunggu. See? Sangat sulit memulai sesuatu yang sudah jelas akan berakhir dengan kehilangan. Sangat sulit menjalin hubungan baik dengan orang lain, memberikan perhatian serta secuil hati kita untuk mereka, padahal kita tahu, pada akhirnya mereka akan pergi meninggalkan kita. Atau mungkin, malah kita yang akan pergi meninggalkan mereka. Yang bisa kita lakukan kalo udah kepalang basah dengan pertemuan ini yaaa cuma mempertahankan hubungan selama mungkin. Tapi kalo udah ga sejalan ya udah susah sih. Mau usaha gimanapun, tetep aja bakal pisah. Selain itu, hal yang bikin ngenes lagi adalah proses adaptasi dari kehilangan itu sendiri. Dari yang tadinya tiap hari berbagi cerita, sampe jadi kayak 2 orang yang terasa jauuuuuuuuh banget. Itu tuh kayak lo ngeliat orang itu dan mikir "I used to know him/her really well. But now? Uh-oh. It seems like we never know each other before." Beh sakitnya tuh di lubuk hati broh.

Oops. Gue sudah mulai mengeluh.

Tapi gue tetep bersyukur. Untunglah gue masih bisa merasakan kesepian dan rasa sakit karena hal-hal tersebut memanusiakan gue. Untunglah Tuhan gak lupa menciptakan sesuatu yang bernama kenangan dibalik semua kehilangan itu. Untunglah masih ada foto dan chat-history.

Terus gue nemu gitu kata-kata bagus dari tumblr seseorang yang intinya ga jauh-jauh dari posting-an blog gue yang "jika bisa bersyukur, kenapa harus mengeluh?":

Kehilangan mengajarkan kita arti memiliki. Kekecewaan mengajarkan kita arti berhati-hati. Kesepian mengajarkan kita arti kebersamaan. Percayalah! Dibalik setiap yang terjadi selalu ada hikmah yang bisa kita petik. Bukankah untuk menguatkan langkah ke depan terkadang kita harus mundur selangkah ke belakang? Kesalahan dan Kegagalan seharusnya membuat kita lebih kuat, lebih sabar, lebih bijaksana, lebih yakin bahwa semuanya akan lebih baik! Dan memang itulah harga mati dari sebuah proses menuju kedewasaan.

Hidup memang penuh pelajaran yang bermakna. Tuhan Maha Asyik.










Ini post udah super ngelantur kayaknya haha. Ya mau gimana lagi? Mau curhat sama siapa lagi? Mau berbagi sama siapa lagi? Emang bener kata kak Iwan Setyawan, menulis itu berfungsi untuk membunuh malam. Walaupun gaada teman berwujud nyata di depan mata, gue masih punya blog yang siap sedia menampung semua tulisan dan curhatan sampah gue. Gue cinta menulis *walaupun tulisannya suka gak worth reading:')*. Gue cinta malam. Setidaknya menulis di malam hari membantu gue untuk jujur terhadap diri sendiri. Like I said before, malam tidak pernah bohong. Karena sejatinya, malam selalu membawa kebijakan dan kejujuran.

No comments:

Post a Comment